Page

Cerita dari ajeng


Anindya Kusuma Puteri 
Masih inget waktu pertama kali ketemu orang ini di welcoming party salah satu organisasi kampus. Hampir semua senior di organisasi itu heboh dengan prestasinya anin. Sempet kepikiran, "emang dia siapa sih?" Maklum saya bukan orang asli semarang, dan di tahun itu, 2010 adalah tahun pertama saya kuliah di semarang.
Awal mula ngobrol sama anin mungkin yang terbesit adalah, "hmm ini orang tinggi, cantik bgt tp humble". Sampai akhirnya acara welcoming party itu selesai. Ga lama sekitar abis maghrib saya dapet bbm dia, mobilnya di tabrak waktu dia otw ke gor buat tanding basket. Baru tadi ngobrol, denger mobilnya ditabrak dan khawatir dia kenapa kenapa, saya inisyatif untuk dateng ke gor tempat anin katanya tanding. Seperti yang di duga, pintu mobil bagian depan kirinya remuk bekas ditabrak. Aninnya dimana??? Anin tanding basket dengan kerennya di lapangan gor itu. Bahkan mungkin dia ga tau saya dateng ke gor dengan paniknya, Wah kalo saya jadi anin sih boro boro kepikiran jadi tanding basket, liat pintu mobil remuknya begitu udah kepikiran macem macem pasti. Tapi ternyata anin engga, dia profesional dengan peran dan waktunya. Sampai akhirnya saya yakin dia fine fine aja dan pulang duluan.
Dari situ dan karena ada di organisasi yg sama kita mulai deket, sering ngobrol, anin sering ngajak jalan jalan sekitar semarang dan kasitau tempat tempat bagus. "oh dia alumni SMA 1 semarang, oh dia yg menang gadis sampul 2008, oh dia atlet badminton, oh dia dulu IM3 ambassador, oh anak tehnik planologi..." dan oh oh lainnya yg akhirnya saya paham kenapa banyak orang yang kagum sama dia. Bukan, bukan karna dia yg cerita sendiri ke saya. Tapi setiap kenal orang lain dan tau saya temennya anin pasti orang itu langsung ngomong "wah anin yaaa.. Diakan bla bla bla" di jabarin deh tuh prestasinya. 
Satu dua tahun kerja bareng anin di organisasi yang sama, i admire how she works everything very well. Cewe, anak teknik dengan bejibun tugas, blm lagi kerjaan di organisasi kita. Udah pasti sering begadang bahkan ga tidur. Diantara kegalauan dan kelelahan yg terjadi waktu itu, there are lots of time i relay on her. Tp bukan anin namanya kl yg diharapkan adalah teman lebay yang repot dan malah bikin makin bingung harus berbuat apa. Nope, lot's of time if we feel something that's not right, or i share something that bothered me much, she just drive to my dorm days or night and we eat a lot where ever we want! Oh chocolate is a must for her hahahaha..
Saya semakin sadar, tidak mudah rasanya mendapatkan teman seperti anin. Teman yg cenderung cuek dengan keadaan yg tidak penting, teman yang sama sekali tidak pernah membatasi temannya, bahkan kita pernah tidak berhubungan banyak dalam hitungan bulan karna kesibukan masing masing tp jangan tanya kl sudah ketemu lagi. Teman yang percaya dengan kemampuan orang lain, teman yang selalu memotivasi teman teman lainnya untuk "push the limited", teman yang strick sama diri sendiri, teman yg bisa diajak ngobrol jam 3 pagi. Kl kalian sudah menemukan teman seperti ini, kalian sangat beruntung. Kalau saya, saya baru kali ini punya teman sehebat anin.
Dibalik hal hal positive yang selalu ingin dilakukan, sama seperti teman teman yang lain. Saya dan anin pernah melakukan hal hal yang sampai sekarang masih sering bikin kita ketawa sendiri. Pernah waktu itu kita berdua lagi di jakarta, ngurusin visa untuk berangkat international conference bareng. Sudah jam 11 malam, tp kita blm mau pulang. "kemana ya???...." "bandung yuk!..." "ayok deh!!" hahahahaha jam 11 malam kita ke bandung, tanpa tujuan. Intinya cuman pengen seneng seneng. Sampai sana sekitar jam 1, cari makan, ngobrol ngobrol pulang jam 4 pagi dari bandung. Sampai di toll menuju jakarta kita heboh karna salah antri di jalur e-toll dan kita ga punya kartu e-toll hahahahaha
di depan gardu, kita bingung dan ketawa ketawa sendiri. Akhirnya kita beraniin buat keluar mobil dan pinjam e-toll sama bapak bapak di mobil belakang. Kebayang muka bapaknya kaya apa? Iya jenggotan, pake kemeja, macet macetan pagi pagi, sebel liat anak kecil salah antri hahahahaha but yes we had lots of fun that day.
Anin is anin, sehebat apapun prestasinya dia tetap apa adanya anin. Waktu itu saya mendapatkan kesempatan untuk ikut internasional conference bareng anin di jepang. Dari awal persiapan kita tangani berdua. Bolak balik jakarta semarang, sampai di akhir keperluan ke jakarta buat ambil visa semua uang kita sudah di tuker ke mata uang yen. Ga punya uang banyak buat beli tiket balik ke semarang. "naik kereta ekonomi aja yuk... Biar ngerasain dulu, nantikan di jepang bisa naik kereta lebih enak.." hahahaha dengan pikiran sesimple itu kita nekat naik kereta ekonomi ke semarang. Kereta ekonomi waktu itu belum ac kaya sekarang. 12 jam kesemarang, punggung encok bareng bareng duduk di kursi kereta yg bentuk tempat duduknya super lurus itu. Selang beberapa hari kita berangkat ke jepang, ada satu hal yg saya ingat perbincangan di pesawat waktu itu, "nin nanti kl kita pergi bareng lagi duduknya udah di bussiness class yaa.. Amin :) "
perjalanan disana selama hampir 2 minggu, selain ada aja yang bikin kita berdua beda pendapat, saya selalu belajar banyak dari seorang anin. Dia orang yg super strict bahkan untuk dirinya sendiri. Kita baru bisa tidur jam 3 jam 4 pagi, dan harus bangun jam 6 atau maksimal 7 pagi dengan materi yang hampir bikin kepala keluar asap. Ya gitu, tiap pagi berusaha semangatin diri sendiri dan satu sama lain. She always said to me, "don't ever think that you are the best, but always give your best." How am i not proud to have her? Di sela sela rapat dan keperluan conference lainnya, saya belum pernah bertemu teman sesantai anin untuk backup berbagai macam kerjaan yang harus kita kerjain berdua.
Anin dengan sikap cueknya kadang bikin orang bingung sebenernya dia gimana, but trust me deep down if she care for you she really is care. Anin memang bukan teman yang akan banyak menanggapi curhatan terutama ttg percintaan yang teman temannya punya. Dia orang paling logis yang pernah saya tau, kl menurut dia ga masuk akal ya gausah dipusingin. Dia cenderung kasih kata kata bidadari yg bikin kita mikir "oiyayaa.." it doesn't mean she don't care. As always, she will pick me up and make sure i'm happy again. Then she do the same. Jarang sekali dia mengeluh apapun keadaannya kalau tidak sampai dia merasa tidak bisa menangani sendiri. Pernah juga waktu itu saya kecelakaan motor, sampai dua kaki saya tidak ada yg bisa berpijak satupun, ada luka di mulut bagian dalam dan gigi patah. Saya ga akan pernah lupa gmn anin jagain saya pagi malem waktu itu, bikinin oatmeal biar saya bisa makan walaupun rasanya ga enak sampai saya nahan ketawa hahahahaa ya setidaknya hampir tiga hari setiap saya melek dan mau merem tidur ada dia di kamar kosan saya padahal saya tau betul dia punya kesibukan lain yg lebih penting dari saya. Not much saying, but she just know what to do.
Semakin lama kenal sama anin, ada beberapa hal yang saya sadari kenapa anin hampir selalu mendapatkan yg terbaik dari yg dia inginkan. Yang pertama, ternyata benar dia selalu mengaplikasikan "don't ever think that you are that best, but always give your best". Diberbagai kegiatan yang dia punya, dia tidak pernah menginginkan suatu posisi di lingkungan tersebut, tp dia akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk lingkungannya sehingga secara tidak langsung dia juga mendapatkan yg terbaik dari lingkungannya, entah akhirnya jadi juara, menduduki posisi tertentu atau apapun yang jelas setiap lingkungan yang saya tau anin punya akan selalu ditinggalkan kesan yang baik ttg anin karena hasil kerja kerasnya. Yang kedua, anin adalah tipe orang yang akan gigih mengejar sesuatu, apapun proses yang harus dia hadapi. Kalau mungkin saya cenderung orang yang akan melihat resiko dan kritis terhadap kemungkinan yang ada kedepan apabila saya mengambil keputusan ttg sesuatu, dan kl saya tau beberapa kemungkinan buruk akan terjadi saya akan beralih untuk memilih hal lain yg bisa saya kerjakan. Beda dengan anin, bukan, dia bukan tidak tau atau tidak memikirkan resiko dan kritis terhapad kemungkinan yang ada, dia tau dan dia paham kemungkinan yang akan terjadi apabila dia mengambil suatu keputusan. Tapi anin, akan tetap mengambil keputusan itu dengan resiko dan kemungkinan yg akan terjadi didepan, dan menganggap semua itu adalah proses pendewasaan yang harus dia lewati untuk mencapai hal tertentu. Beberapa kali terjadi hal yang demikian, in the end waktu kita sharing yang keluar adalah ternyata benar beberapa resiko dan kemungkinan yg akhirnya terjadi, bedanya dia mendapatkan pengalaman bagaimana cara meraihnya sedangkan saya sudah mengerjakan hal yang lain. If you meet her, i guarentee you don't need much time to realize how struggle she is on everything that she did.
Anindya Kusuma Putri. Dalam banyak hal kadang saya berterimakasih kepada Allah sudah di pertemukan oleh orang sehebat dia, tidak banyak orang cantik yang tidak sombong, tidak banyak orang pintar yang mudah bergaul, dan tidak banyak orang yang berwawasan luas di tambah pengalam bejibun yang tetap mau berusaha dan belajar. Mungkin itu alasannya kenapa saya akan selalu mendukung apapun kegiatan positive yg dia punya, sebisa mungkin menopang kapanpun dia butuh saya sebagai teman. Don't need to ask me again why i love her that much right? Dan anin, sesibuk apapun dia akan tetap menjadi anin. Anin yang bisa tiba tiba datang ke kosan untuk sekedar numpang tidur atau ngambil makanan, anin yang bisa datang pagi pagi sambil lewat untuk kasih sarapan, anin yang tiba tiba tlp minta tolong dicariin taxi karna dari td penuh semua dan dia harus make up, anin yg tiba tiba tlp ngajak makan jam 2 pagi, anin yang minta di cariin ukuran sepatu heels cewe 43, anin yang sekedar minta ditemenin tanding basket atau latian badminton, anin yang sesibuk apapun selalu ada dihari hari yang penting untuk saya,anin yang selalu bingung kl di curhatin masalah pacar, anin yang selalu support saya dan anin dengan segala kerendahan hatinya. Sebanyak apapun kegiatan dia, sehebat apapun anin saat ini, belum pernah selama 4 tahun syaa berteman dengan anin saya merasa kehilangan anin yg sama. Banyak orang tidak tau, but maybe this is why i really do adore her and i love her as one of my pretige best friend ever.
You have all my support for your journey
#AnIndonesian
#AninMissUniverseIndonesia2015

No comments:

Post a Comment